Bedah E-Commerce

12:37 AM


 
Hooligans adalah merk dagang sebuah produk berupa perusahaan clothing/distro yang bertema sepakbola pada setiap design-designnya. Disini menyediakan mulai dari t-shirt, tas, jacket dan sebagainya yang pastinya bertema sepakbola. Dan selain mempunyai distribution store yang tersebar di beberapa daerah, Hooligans termasuk ke dalam e-commerce dan e-business  karena juga  menyediakan layanan jual-beli online yang terdapat pada websitenya yaitu hooligans12th.com sehingga akan membantu proses pembelian bagi customers yang jauh atau malas datang ke toko.





Tampilan homepage dari hooligans12th.com yang berisi produk-produk baru

 
Tampilan shoppingcart yang akan muncul setelah user mengklick beli pada product yang dipilih. Disini nantinya user akan mendapat konfirmasi bahwa produk yang dipesan masih ada atau tidak melalui email


Kelebihan:
·     Pada situs ini produk diklasifikasikan menurut dengan temanya seperti klub sepakbola atau negara, sehingga pembeli akan lebih mudah mencari produk yang berhubungan dengan klub sepakbola favoritnya
·         Dalam transaksi dapat melayani beberapa cara pembayaran, seperti transfer dan paypal.
·    Pihak hooligans juga menyediakan layanan berupa Yahoo Messenger untuk menanyakan segala macam hal mengenai produk ataupun proses pembeliannya.
·         Bebas ongkos kirim ke seluruh indonesia

Kekurangan:
·     Terkadang stok yang terdapat pada situs tidak update, maka kadang produk yang tertulis masih ada tetapi sebenarnya sudah habis. Meskipun info stok tetap diberitahu lagi via email setelah pemesanan.


Saran :
·         Untuk stok barang agar selalu diupdate langsung di webnya agar tidak perlu dua langkah untuk proses pemesanan, yaitu pertama memeriksa stok dan kedua jika stok dikonfirmasi ada baru dikirim email untuk segera membayar sehingga tidak efisien.
·         Menyediakan fasilitas tracking produk yang telah dikirim ke customer, sehingga jika barang telah dikirim dapat diketahui keberadaannya. Untuk hal ini sepertinya harus bekerja sama dengan layanan antar barang.

Leave your comment

Like us on Facebook