Melongok ke bawah air di Umbul Ponggok

12:03 AM


Jikalau anda suka bermain air atau snorkeling di laut dan sering merasa terganggu karena airnya yang asin, mungkin anda dapat mencoba ke daerah Klaten. Klaten atau Kla X, atau saya lebih sering menyebutnya Clayton (lengkap dengan pronouncation keinggris-inggrisan agar terdengar keren) adalah sebuah kota kecil di pinggiran Yogyakarta dan Solo. Dahulu merupakan bagian dari Karesidenan Surakarta sehingga kadang ada warganya menganggap masih sama daerahnya dengan orang Solo, ya seperti orang Bekasi yang kadang mengaku orang Jakarta. Silahkan googling sendiri apa itu karesidenan karena disini saya tidak berniat memberi pelajaran geografi. Kebetulan Klaten merupakan kampung halaman dari Ibu saya tercinta dimana tempat bernama Umbul Ponggok ini berada.

Umbul secara bahasa berarti mata air. Untuk info di klaten memang terdapat banyak sumber mata air, tidak heran perusahaan air mineral Aqua juga mengambil air di salah satu mata airnya di sini,tentunya dengan segala kontroversinya. Maka bersiaplah buka pakaian anda dan berbasah-basahan merasakan sensasi berenang dan snorkeling di sebuah kolam besar dari sumber air yang berisi air tawar yang beningnya tidak kalah dari wajah Isyana Sarasvati yang akan tetap di dalam jiwa.
Tampak atas permukaan kolam

Hanya dengan merogoh kocek sebesar 8 ribu rupiah, anda sudah bisa bermain air seharian di umbul ponggok. Tenang saja untuk yang tidak bisa berenang seperti saya disana juga sudah ada penyewaan rompi pelampung, alat snorkeling, kaki katak hingga kamera underwater guna menjaga eksistensi anda di social media dengan foto-foto liburan. Tempo hari untuk tiket masuk ada yang sudah dipaketkan dengan sewa rompi pelampung dan alat snorkeling yang  menjadi sebesar 20 ribu. Ini tentu lebih murah dibanding jika anda memesan ala carte. Jika handphone anda tidak tahan air anda tidak perlu khawatir karena di sekitar lokasi sudah banyak yang menjual case waterproof , dan seperti yang tadi saya bilang anda juga dapat menyewa kamera underwater 60 ribu/setengah jam. Iya mereka sudah tahu kebutuhan narsis kelas menengah pun sampai ke bawah permukaan air.



Tidak hanya bermain-main air di hari itu H+2 lebaran, pada salah tepian kolam ada stage yang menampilkan organ tunggal khas hajatan tetangga komplek dengan dangdut aransemen koplo-yang-selalu-menyisipkan-beat-buka-dikit-jos-di-tiap-lagunya. Tentunya anda juga bisa request untuk dinyanyikan langsung layaknya memilih lagu di jukebox. Biduanita lokalnya pun tak kalah ciamik kadang berimprovisasi mengganti lirik lagu aslinya dengan lirik yang saya curigai itu curhat colongan dari isi hatinya. Simak saja lirik lagu goyang dumang versi biduanita itu

“ Ayo goyang Dumang, goyang suami orang”
“Pikiran pun tenang, Galau jadi hilang”

Barusan bukan candaan. Benar saya mendengar itu dengan jelas....
Entah hiburan dangdutan ini pun spesial lebaran atau memang setiap hari diadakan. Tidak, saya tidak mempermasalahkannya. Ini malah mengingatkan saya pada sapi kobe di jepang. Anda tahu sapi kobe, yang katanya sebelum disembelih semasa hidupnya sering diperdengarkan musik klasik agar rileks sehingga dagingnya nanti lembut dan enak. Ini nanti ikan-ikan di umbul ponggok mungkin akan seperti itu jika tiap hari mendengar lagu dangdut koplo. Nanti kalau ditangkap dan dimasak pasti dagingnya akan jadi handal dalam urusan menggoyang lidah siapapun yang mengonsumsinya. Apalagi jika digoreng hingga garing segaring tulisan di alinea ini. Oke sip.


Panggung dangdut di salah satu sisi kolam.


Sebagai akamsi (anak kampung sini) ibu saya dan keluarga di kampung kurang mengetahui kalau tempat ini akhir-akhir ini sudah lumayan makin populer di dunia maya. Iya umbul ponggok sebelum seterkenal sekarang katanya memang hanyalah sumber air yang sering dipakai kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci dsb. Nampaknya karena kitanya saja yang norak karena terbiasa menatap layar gadget dengan segala rutinitasnya, sehingga bisa berenang di kolam yang langsung dari sumber air juga bersama ikan-ikan terlihat spesial. Entahlah. Tetapi saya suka melihat efek positif dari makin terkenalnya umbul ponggok yang berdampak pada perkembangan di kawasan ini yang secara tidak langsung juga membantu perputaran ekonomi penduduk sekitar, melihat warga mulai berjualan makanan, waterproof case untuk handphone hingga jasa pemotretan bawah air. Iya saya melihat bagaimana sepeda dimasukan ke kolam untuk kepentingan pemotretan di bawah air. Warbiyasak. Meskipun tidak menutup mata masih banyak kekurangan di berbagai lini seperti untuk lahan parkir yang dirasa kurang memadai. Tetapi mari nikmatilah sejenak snorkeling di air tawar meskipun di balik indahnya pemandangan bawah air biasanya akan ada kulit yang bertambah legam. Karena ada keling di snorkeling. Tapi seperti kata album nirvana yang covernya  di bawah air.
Nevermind
 




Tidak bisa berenang. Nevermind


n.b:
-Tulisan ini sudah dua bulan cuma di draft aja belum diurus-urus.
-Untuk foto di bawah air yang lebih bagus anda bisa googling. Karena keterbatasan skill tidak bisa berenang dan kamera handphone dengan case waterproof seadanya jadi foto diatas mungkin terlihat kurang menarik.








1 Comment

  1. terima kasih kembali mbak. Anak gunadarma ya mbak. itu tautannya web untuk tugas atau kerja di instansi gunadarma mbak?

    ReplyDelete

Like us on Facebook