Peluang usaha dibidang IT/Teknopreneurship

9:23 PM

         Technopreneurship merupakan gabungan dari dua kata, yakni ‘technology’ dan ‘enterpreneurship’. Secara umum, kata Teknologi digunakan untuk merujuk pada penerapan praktis ilmu pengetahuan ke dunia industri. Sedangkan kata entrepreneurship berasal dari kata entrepreneur yang merujuk pada seseorang yang menciptakan bisnis/usaha dengan keberanian menanggung resiko untuk mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang yang ada.


Proses Mencari Informasi Peluang Usaha
  • Cari peluang usaha dengan bantuan Google
Semakin banyak blog atau website termasuk punya saya ini yang mengulas berbagai macam peluang usaha yang bisa dilakukan baik moda kecil sampai modal yang cukup besar, silakan cari informasinya dari berbagai macam sumber yang ada di internet, saring dan coba perhatikan apakah bisa anda lakukan saat ini dengan modal tenaga pikiran dan finansial anda sekarang.
  • Membaca Peluang Usaha dengan bermain ke Toko Buku
Tidak dipungkiri lagi bahwa buku salah satu jendela ilmu yang bisa memuat berbagai informasi yang ditulis oleh seseorang. Saat ini sudah banyak buku yang temanya tentang kewirausahaan, berbisnis dan menangkap berbagai peluang usaha yang dengan mudah biasanya dapat kita lakukan. Cobalah maen ke toko buku dan biasanya ada buku yang suda dibuka segelnya sehingga anda bisa membaca terebih dahulu seblum membelinya. Manfaatkan kiat ini untuk menambah wawasan kita mengenai berbagai peluang usaha yang kemungkinan ada disekitar kita.
  • Gali Peluang Usaha dari para pelaku
Coba perhatikan dilingkungan anda apakah ada seorang wirausahawan yang sukses? setidaknya bisnisnya jalan kontinyu dan lancar, atau bahkan yang jatuh bangun merintis usaha dan belum berhasil juga. Manfaatkan kesempatan tersebut untuk menggali ilmu usaha bisnis mereka entah itu kesuksesan atau bahkan kegagalan yang mereka alami. Anda tidak harus bertanya detail mengenai seluk beluk bisnis mereka karenabiasanya mereka jarang membukanya hehehe… namun cobalah mendengarkan dan bertanya tentang kiat kiat merintis, menjalankan sampai bertahan dari terpaan kegagalan ditengah menjalankan usaha bisnis mereka. Ini salah satu metode untuk menggali dan menimbulkan rasa semangat anda dalam mencari peluang usaha nantinya.
  •  Analisa Ketiganya
JIka ketiga metode diatas pernah anda lakukan setidaknya satu saja dari ketiga hal tersebut, sebaiknya anda harus menganalisanya terlebih dahulu tidak langusng ditelan mentah mentah dalam artian, sesuaikan juga dengan kemampuan anda secara modal finansial dan juga tenaga serta pikiran anda. Peluang usaha mungkin akan banyak anda jumpai namun belum tentu semuanya cocok bukan? perhatikan dan saring baik baik berbagai jenis peluang usaha tersebut dan manfaatkan kesempatan dengan sebaik baiknya. Selain itu kembangkan juga setiap peluang usaha yang anda temukan dengan berbagai ide kreatif, misalnya berjualan pulsa tidak seperti biasanya tapi dengan cara berbeda seperti yang ada di blog ini. Kreatifitas akan mengantarkan sebuah peluang usaha menjadi usaha bisnis yang lain daripada yang lain tampil lebih unik dan tampil beda tentunya.

Tahapan Pengembangan Usaha
Dalam pengembangan usaha / suatu bisni hendaknya kita tahu tahapan apa saja yang harus kita lalui :
  • Bisnis Start Up Focus on Action
Pada tahapan ini biasanya para pemula bisnis melakukan apa saja untuk membuka usaha, dengan agak sedikit panik dan kadang ikut-ikutan yang lagi nge trend semua usaha dilakukan. Biasanya para pemula melakukannya tidak dengan pede yang tinggi. Ada yang pengenya usaha bareng supaya kalo usahanya bangkrut punya temen senasib, bukan Cuma satu atau dua temen aja yang diajak gabung bahkan saking pengennya bisnis barengan bisa sampe 10 atau 20 orang yang gabung … wah kalo begini susah nih.. dapet uangnya gak seberapa dibagi2 sampe puluhan orang yaa abis aja, belum nanti kalo ada masalah, juga harus ditentuin siapa pemimpinnya, siapa yang menjalankan bisnis ini siapa yang tidak harus jelas diawal, yang pasti beberapa pengalaman mengatakan usaha bareng seperti ini gak akan jalan.
Ada juga yang usaha sendirian dan ikut-ikutan, biasanya hanya coba-coba… coba dulu jualan baju atau selimut siapa tau aja laku dan dapet untung..lumayan kan, nah tipe yang seperti ini pasti punya usaha yang berbeda 100% dengan pengalaman di tempat kerja, orang2 yang kerjanya di bidang IT jualan garmen, kerja di bagian administrasi usahanya jualan makanan dsbnya.
  • Bisnis Maintain
Pada tahapan ini para pemula sudah lebih berpengalaman lagi, biasanya usaha sudah dilakukan diatas 3 atau 6 bulan dan para pebisnis sudah lebih mengerti lagi kondisi usahanya, Cuma sayangnya semua tahapan bulan mulai dari kondisi bulan januari sampe Desember belum di lalui dengan sukses.
Memaintain usaha sebenarnya inti dari suatu bisnis, bila sukses maintain dan melewati proses masa-masa sulit dengan kondisi terberat sekalipun, maka ke depannya semua bisa berjalan lancar, artinya kesulitan2 terberat sudah dilalui dengan mulus, nah tahapan inilah yang menjadi tahapan paling krusial di dunia usaha sebab memaintain usaha bisa jadi perlu waktu banyak tidak cukup Cuma 3 atau 6 bulan, bisa 1 atau 2 tahun.
  • Bisnis Closed or Continue
Dalam kondisi kesulitan di proses maintain biasanya para pebisnis harus menghadapi suatu tantangan DO or DIE, HIDUP atau MATI, bisnis TUTUP atau LANJUT.. di tahapan proses ini adalah proses yang paling krusial dan menentukan, bila di teruskan bisa jadi akan rugi terus, ditutup juga sebenarnya sudah rugi juga apalagi punya hutang yang lumayan banyak..
Kondisi ini harus dilalui oleh semua pengusaha, kondisi yang paling sulit dengan menentukan sebenarnya pilihan bisnis kita ini tepat gak sih? Lokasi nya bener gak sih ? Kok rugi terus yaa? Kok income sama outcome sama nih jadi gak ada untung? Jadi gimana ??
Semua pertanyaan2 dan jawaban2 itu ada di para pebisnis itu sendiri sebenarnya, bukan orang lain, maka itulah kadang diperlukan mentor atau bisnis coach untuk membuka mindset atau kreatifitas pebisnis supaya dapat AHA lebih banyak lagi, tapi bila keputusannya adalah Bisnis Closed bukan berarti kiamat dunia, bisnis closed dan open jadikan hal yang biasa, ambil pelajaran saja dari semua pengalaman2 yang didapat.
  • Bisnis Focus Countinuity
Nah pada tahapan ini sudah lebih matang lagi para pebisnis, karena pengalamannya sudah lebih banyak, pelajaran dari bisnis open and close bisa diserap dan diambil sarinya untuk kemajuan diri. Jatuh dan bangun sudah biasa, maka itu bila pebisnis punya beberapa usaha kemudian rontok dan buat usaha lagi sampe dengan tahapan ini biasanya itu adalah usaha yang paling diminati, paling dijadikan pilihan utama.
Pebisnis mulai focus dengan usahanya, biasanya hanya satu jenis usaha, walaupun dulu mulai dengan banyak usaha, semua rontok dan hanya tersisa satu saja yang FOKUS dan terus berkelanjutan,.. pada tahapan ini pebisnis sudah yang dulunya belajar, sudah pinter, dulunya amatir jadi professional walaupun bidang usaha dengan jenis pendidikan atau karir di pekerjaan berbeda tidak jadi masalah karena pebisnis sudah mempelajari dan jadi expert disitu.
  • Bisnis Development
Tahapan pengembangan usaha bisa dilakukan setelah lewati tahapan BISNIS FOKUS dulu, semua tahapan-tahapan diatas harus dilalui tidak loncat langsung ke tahapan berikutnya, justru tahapan-tahapan inilah sebenarnya pondasi dari para pebisnis, tanpa itu semua akan sia-sia, terlalu bernafsu untuk pengembangan usaha akan jadi boomerang sendiri.
Sumber Ide Usaha
  •  Hobi.
Apakah Anda mempunyai hobi yang benar-benar Anda cintai? Tak ada yang lebih menggairahkan selain bisa mengubah hobi menjadi bisnis. Selain menemukan kesenangan, Anda juga bisa menghasilkan pendapatan. Keuntungan memulai bisnis dari hobi adalah mempunyai gairah mengerjakannya. Biasanya kita juga memahami seluk beluk hobi, atau bahkan mempunyai ketrampilan yang cukup untuk menanganinya. Dua hal ini penting untuk memajukan usaha Anda.
  • Keahlian.
Mungkin Anda menganggap keahlian atau ketrampilan Anda biasa-biasa saja. Namun tahukah Anda, selalu saja ada orang lain yang membutuhkan bantuan keahlian Anda. Maka jangan sia-siakan. Temukan apa yang keahlian terbaik Anda, lalu mulailah usaha bermodalkan ketrampilan Anda tersebut. Jika Anda mampu mengetik dengan cepat dan akurat, maka Anda bisa memulai usaha jasa pengetikan. Anda dapat membuka usaha bengkel berkat keahlian memperbaiki motor. Ketrampilan Anda menyulam dapat Anda ubah menjadi usaha yang menguntungkan. 
  •  Kreativitas.
Anda bisa mengerahkan kreativitas Anda untuk menciptakan produk-produk baru yang bermanfaat bagi konsumen. Memang bukan hal yang mudah. Namun begitu Anda menemukannya, maka keuntungan besar bisa dengan mudah Anda raih, karena Anda dapat memimpin pasar dan minim pesaing. Yang perlu diperhatikan adalah Anda harus fokus pada hasil kreasi yang benar-benar dapat diterapkan secara praktis dan sesuai dengan kemampuan.
  • ·Pasar: Kebutuhan dan Permintaan.
Tugas seorang wirausahawan adalah memenuhi kebutuhan masyarakat. Lakukan pengamatan secara jeli untuk menemukan apa yang menjadi permintaan masyarakat sekitar, pikirkan bagaimana Anda bisa memenuhinya, lalu jadikan itu sebagai peluang Anda berusaha. Ingat, peluang bisnis ada di sekitar kita.
·          
  • Jaringan dan relasi.
Konon rajin bersilaturahmi membawa banyak rejeki. Semakin luas perkenalan Anda, semakin besar potensi bisnis Anda karena pada dasarnya bisnis dibangun di atas jaringan. Perhatikan jaringan pertemanan dan relasi Anda. Anda bisa menawarkan barang atau jasa dimulai dari relasi-relasi Anda. Tentu Anda perlu menyesuaikan ide bisnis Anda dengan karakteristik jaringan yang Anda punyai. Keuntungan memulai bisnis dari jaringan pertemanan dan relasi adalah adanya tingkat kepercayaan yang relatif lebih baik. Dalam hal ini kondite Anda memainkan peranan yang sangat penting.
  • ·         Produk yang sudah ada.
Kebanyakan bisnis adalah meniru apa yang sudah ada. Ini bukan hal yang salah meski biasanya peniru tidak lebih baik daripada yang ditiru. Alih-alih meniru begitu saja, Anda dapat mengerahkan kreativitas agar bisa memberikan nilai tambah pada produk yang sudah ada atau bahkan menciptakan variasi baru yang lebih baik dan lebih berguna bagi konsumen. Sebagai misal, bakso adalah bisnis yang begitu menjamur dimana-mana. Anda tetap bisa berbisnis bakso, namun dengan kreasi dan kualitas yang baru, misal bakso nikmat rendah kolesterol.
  • ·         Saran.
Apakah Anda masih belum juga menemukan ide bisnis yang pas meski Anda sudah membuat daftar panjang tentang hobi, ketrampilan dan jaringan Anda, kebutuhan dan permintaan pasar? Mungkin kini saatnya Anda meminta saran dari orang lain terutama dari pelaku bisnis yang Anda anggap berhasil. Mintalah pertimbangan-pertimbangan untuk meyakinkan pilihan Anda.

Perkembangan bisnis TI didunia
Kini banyak pengusaha yang meraup untung besar dengan mendirikan toko online di Internet.  Beberapa tahun terakhir ini bisnis online semakin marak dimana banyaknya faktor-faktor pendukung seperti situs-situs jejaring sosial, forum-forum, web-blog, serta komunitas komunitas Berikut  beberapa jenis dan tipe bisnis yang memanfaatkan teknologi informatika.
  • ·        E-commerce
E-commerce merupakan suatu proses pembelian, penjualan, mentransfer, atau pertukaran produk, jasa, atau informasi melalui jaringan komputer termasuk internet. Pada dasarnya ecommerce merupakan dampak dari berkembangnya teknologi dan telekomunikasi yang sangat berkembang pesat. Semakin meningkatnya teknologi dan telekomunikasi di dunia ini maka setiap manusia mempergunakan internet dalam melakukan aktivitas di kehidupan sehari-hari yaitu dengan bisnis usaha yang akan mereka ciptakan di dunia maya.
pembeli membeli transaksi online yaitu untuk mendapatkan barang yang
mereka cari atau mereka inginkan.
  • ·      SoftwarexHouse
    Software house adalah suatu perusahaan yang memproduksi berbagai keperluan software tertentu. Salah satu produksinya itu seperti software computer yang saat ini banyak digunakan. Beberapa contoh software house yang besar yang sering dikenali yaitu seperti Microsoft, oracle, Adobe, dan lainnya
  • ·         KonsultanxIT
    Konsultan IT adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa nasihat ahli dalam bidang keahliannya, misalnya akutansi, lingkungan, biologi, hukum, komputer  dan lain-lain. Perbedaan antara seorang konsultan dengan ahli ‘biasa’ adalah sang konsultan bukan merupakan karyawan di perusahaan sang klien, melainkan seseorang yang menjalankan usahanya sendiri atau bekerja di sebuah firma konsultasi, serta berurusan dengan berbagai klien. Mereka menangani permasalahan bisnis yang kental dengan isu-isu teknis dari sistem/teknologi informasi. Mereka bertanggung jawab mulai dari proses analisis, desain, hingga impelementasi sistem, untuk memastikan solusi tersebut align dengan proses bisnis mereka.

Leave your comment

Like us on Facebook