Honeycomb ; the newest os android from google

8:30 PM

GARA-GARA permintaan terhadap tablet yang begitu besar, Google kewalahan. Honeycomb, versi Android yang diciptakan untuk komputer tablet, dikebut agar cepat selesai.

Para vendor pun rela menunggu dan mengantre. Kepada Honeycomb harapan mereka diberikan agar bisa mendapat bagian dari kue penjualan komputer tablet yang diprediksi mencapai 50 juta hingga 60 juta unit pada 2011.

Versi terkini dari OS Android (Honeycomb) besutan Google akan dioptimalkan untuk tablet, setidaknya ini yang telah diketahui. Andy Rubin sendiri telah memamerkan tablet Motorola Droid XOOM yang disematkan. Namun masih belum jelas apakah Honeycomb hanya ditujukan khusus untuk tablet atau akan dirilis juga untuk ponsel pintar.



Informasi terakhir yang diperoleh, rupanya ada spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk menjalankan OS Honeycomb, menurut PCMag. Bobby Cha, Managing Director dari Enspert, perusahaan elektronik Korea mengatakan Honeycomb setidaknya membutuhkan CPU dual core Cortex A9 untuk berjalan lancar. Kata 'lancar' ini cukup membingungkan karena Google tidak pernah memberikan spesifikasi minimum atau mungkin saja hanya sekedar rekomendasi ketimbang spesifikasi minimum.

Namun bila memang benar demikian, maka banyak tablet Android lain (salah satunya Galaxy Tab) tidak akan dapat diupgrade ke Honeycomb dan hanya stak di Gingerbread. Begitu juga dengan kebanyakan ponsel Android saat ini. Ini juga menunjukkan kesalahan manufaktur karena tidak bersiap-siap mengantisipasi upgrade Honeycomb terbaru, sebab Google Nexus S yang dibuat terakhir oleh Samsung juga akan berhenti sampai di Gingerbread saja.

Sebuah layar sentuh dengan resolusi 1280x720 juga mungkin dibutuhkan untuk Android Honeycomb. Akan ada banyak tablet Honeycomb yang akan beredar dan layar minimalnya sepertinya harus di 7 inci. Sedangkan tablet Motorola Droid XOOM yang dipamerkan Andy Rubin jelas akan menjadi tablet Honeycomb pertama. Motorola kemungkinan akan mengumumkannya dalam beberapa hari ke depan saat ajang CES 2011 di Las Vegas berlangsung. Tunggu saja.
sumber


Leave your comment

Like us on Facebook